NEWS UPDATE :  

Berita

SMK Daya Utama Creativity Day, Dalam rangka Memperingati Hari Pahlawan Tahun 2022

Hari Pahlawan diperingati setiap tahunnya pada 10 November. Tahun ini, Hari Pahlawan jatuh pada Kamis (10/11/2022).

 

Sejarah singkat peringatan Hari Pahlawan di Indonesia berawal dari pertempuran antara pasukan Indonesia melawan pasukan Inggris yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur pada 27 Oktober sampai 20 November 1945. Kala itu, situasi pemerintahan Indonesia masih belum stabil, meski sudah mendeklarasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Namun, kekalahan Jepang di Perang Dunia II membuat Inggris kembali datang ke Tanah Air untuk memulangkan para tentara Negeri Sakura pada 25 September 1945.

 

Menyambut peringatan hari besar ini, SMK Daya Utama Bekasi melalui program kerja Kesiswaan dan Pengurus OSIS menyelenggarakan kegiatan dengan nama “ SMK Daya Utama Creativity Day” Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional Tahun 2022.

 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 09 November 2022 atau satu hari menjelang Hari Pahlawan 10 November. Alhamdulillah terlaksana beberapa kegiatan, diantaranya: (1) Beauty Class; (2) Perform Ekstrakurikuler; (3) Bazar produk kelas dan PKK; dan (4) Lomba bertemakan hari kepahlawanan.

 

Beauty Class, atau dinamakan juga kelas kecantikan terlaksana berkat terjalinnya kerjasama antara pihak sekolah dengan pihak Eightink Creative Nation Agency. Acara ini dimulai pukul 08.00 – 09.30 WIB bertempat di ruang aula SMK Daya Utama. Melalui materi dan motivasi yang disampaikan langsung oleh narasumber seorang dokter kecantikan, para siswa yang berjumlah lebih dari 90 orang perempuan ini merasa antusias dan gembira karena selain dari materinya menarik juga masing-masing dari peserta seminar mendapatkan bingkisan produk dari Izzi dan Safi secara gratis.

 

Tidak hanya seminar dan bingkisan produk, pihak Izzi dan Safi juga menyediakan penjualan produk-produknya di stand yang berada di lapangan sekolah. Tentunya mereka menjual dengan harga yang dapat dijangkau oleh para pelajar.

 

Setelah selesai seminar, acara dilanjutkan dengan perform ekstrakurikuler yang ada di SMK Daya Utama, di antaranya Paskibra, Pramuka, Paduan Suara, dan Tari. Tidak hanya ekstrakurikuler saja yang tampil, tapi juga dance dan nyanyi dari salah satu perwakilan siswa.

 

Kemeriahan ini semakin lengkap ketika acara perlombaan dimulai. Kurang lebih pukul 10.30 WIB, pembawa acara dari panitia OSIS membuka kegiatan dengan penuh kegembiraan. Sebagai bentuk partisipasi dari dewan guru terhadap lomba ini, para dewan guru melakukan fashion show di depan seluruh siswa . Mereka begitu semangat tidak mengenal kata panas dan capek dalam melakukan gerakan fashion shownya.

 

Lomba fashion show atau lebih kerenya dikenal dengan nama Cos Play dikuti oleh 17 pasangan siswa yang memakai baju adat daerah yang bermacam-macam. Masya Allah, ternyata ini bukanlah acara yang asal-asalan. Lomba Cosplay ini disambut dengan sangat serius oleh para peserta. Bahkan ada di antara mereka yang rela menyewa kostum dan make up ke salon dengan harga yang lumayan. Ini menandakan keseriusan mereka dalam mengikuti lomba ini.

 

Para guru, dewan juri dan para penonton dibuat kagum dengan penampilan mereka. Tidak disangka, dan para penonton mengeluarkan suara dukungannya untuk seluruh peserta. Salah satu guru mengatakan dalam bahasa Inggrisnya, “Creativity day in Daya Utama Vocational High School was wonderful day to remember. Love to see brave students show their skills in front of people.”

 

Tidak kalah meriahnya dengan lomba Cosplay, lomba musikalisasi puisi dan  nyanyi juga mendapatkan sambutan yang sangat meriah sekali karena di dalamnya terdapat kejutan-kejutan. Hal yang menjadi kejutan adalah, dalam momen ini tidak ada satupun siswa yang tidak berkreasi, semuanya berkreasi mulai dari panitia, tim sukses bazar, dan sebagai peserta lomba.

 

Peserta musikalisasi puisi berjumlah 19 pasangan/peserta dan 8 pasangan untuk lomba duet nyanyi wajib dan bebas. Dari peserta yang ikut lomba, banyak mereka yang berasal dari kesegarian di kelasnya tidak menonjol dalam kegiatan belajar mengajar. Tapi melalui momentum kreativitas ini, potensi mereka terlihat dan ini juga yang membuat para dewan guru merasa puas dengan acara ini. Bahkan, Ibu Kepala Sekolah juga sampai mengatakan belum bisa move on dari kegiatan ini, rasanya betapa bahagianya beliau setelah lama karena pandemic tidak menyaksikan acara kreativitas siswa yang besar seperti ini.

 

Sebagai pelengkap dan penyempurna dari kreativitas siswa dalam peringatan hari pahlawan nasional ini adalah dengan diselenggarakannya bazar produk kelas dan hasil PKK. Dalam menemani gemerlapnya acara perlombaan ini, hampir setiap kelas membuka minimal 4 stand penjualan produk yang bermacam-macam. Alhamdulillah, semua stand penjualan dilaporkan terjual habis karena begitu antusiasnya para siswa-siswi yang tidak hanya unit SMK saja tapi unit SMP dan SMA beserta para dewan gurunya ikut membeli barang jualan dari setiap stand yang ada.

 

Pemenang dalam perlombaan ini baru akan diumumkan pada hari senin nanti setelah selesai upacara bendera.

 

Pada akhirnya, seluruh dewan guru dan siswa menantikan event besar seperti ini dalam rangka memberikan ruang untuk para siswa berkreativitas dan berprestasi tidak hanya di dalam kelas tapi juga di luar kelas.

 

 

Penulis

Kiki Muzaki